Social Icons

Itulah Nyepi Gan

Padahal semalam tadi ane uda niat bakalan begadang sampe titik darah penghabisan! Jadi, hari ini pas nyepi bisa tidur pules seharian. Karna cuma makan dan tidur aja kerjaannya di dalam rumah, nyepi kali ini ane berharap bisa nambah berat badan. Iya gak tau kenapa beberapa hari belakangan ini insomnia ane kumat lagi, dan puncaknya pagi ini.. Okee kalo hati ane sih udah terbiasa sepi dan mulai terbiasa untuk survive, tapi kenapa saat nyepi begini masih susah banget meNYEPIkan diri dari bayangan itu hehehe..

Ane yakin bukan hanya ane yang mengalami hal semacam ini tapi ada juga beberapa agan/aganwati yang hari ini mengetweet dan mempost kalimat2 dengan kata sepi lah, nyepilah...dan ini sering sekali terjadi bagi mereka yang baru pertama kali ikut merasakan suasana Nyepi di Bali. Dan supaya kalian gak galau lagi ada baiknya kalian bisa membedakan apa itu nyepi dan sepi.


Nyepi adalah
Suatu keadaan dimana suasana tenang, sunyi tanpa ada suara hiruk pikuk aktivitas keseharian, dimana sebagian orang mempergunakan waktu selama 24 jam itu untuk merenung, meditasi berdoa, intropeksi diri dan merefleksi diri tentunya untuk menjadi lebih baik.

Sepi
Nah kalo sepi bagi ane nih gan sangat sulit menjelaskan dari pada merasakannya, Mungkin  seperti suatu perasaan asing yang agan rasakan, atau keadaan yang semestinya tidak inginkan atau tidak dibutuhkan. Meskipun orang yang kesepian bisa tersenyum atau mengatakan bahwa mereka baik-baik saja, tetapi di dalam hatinya mereka terluka. Merasakan kesepian ini juga membuat kesadaran pedih bahwa seseorang kurang memiliki hubungan yang dekat dan berarti dengan orang lain. Perasaan ditolak dan citra diri yang rendah, atau kita merasa tersisih dan tidak disukai, betapapun kerasnya kita berusaha untuk dimiliki. Kekurangan tadi menimbulkan kekosongan, sedih, pengasingan diri dan bahkan nih gan ada yang putus asa dan pengen bunuh diri . Bukan begitu gan??

Keadaan di mana kita hidup ini gan juga menambah masalah kesepian. Untuk sementara orang, sulit sekali mengembangkan identitas dan hubungan yang berarti di tengah lingkungan yang terus bergerak dan berubah, cenderung membuat orang susah menemukan lentera jiwanya dan menjadi diri sendiri.

Dan salah satu cara untuk melawan kesepian dan efek efeknya adalah dengan menyediakan waktu khusus dan khusuk untuk merenung, meditasi berdoa, intropeksi diri dan merefleksi diri tentunya untuk menjadi lebih baik. Itulah Nyepi gan.

Pesan aja nih buat agan2 jangan membuat nyepi ini sia2 dgn menutup semua lubang yang membuat cahaya keluar dari rumah. Laksanakanlah nyepi dengan sebenar-benarnya gan hehehe.

Selamat merayakan nyepi semoga jadi hal baik bagi yg meyakini, dan menjadi kebaikan bagi yg toleransi. Salam  peace and love in our heart and on earth......God bless!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar