Social Icons

HUJAN DI SINI


Hujan disini, karena itu ane akan berbagi cerita tentang hujan dengan kalian semua. Postingan kali ini dengan alasan supaya blog ane bisa memberikan inspirasi dan ada unsur edukasinya maka ane akan menyisipkan ilmu dan sekedar pengetahuan. Mungkin saja diantara agan2, ada yang belum pernah melihat hujan atau baru pindah dari planet mars, kalian gak bakalan lagi terkejut sewaktu melihat hujan dan pada berlarian ketakutan seakan bumi akan kiamat.

Agan-agan yang tinggal di daerah tropis, hujan sudah merupakan bagian dari kehidupan, dan terjadi secara musiman yang disebut dengan hujan muson. Yaitu hujan yang terjadi karena Angin Musim (Angin Muson). Penyebab terjadinya Angin Muson adalah karena adanya pergerakan semu tahunan Matahari antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan. Di Indonesia, hujan muson terjadi bulan Oktober sampai April. Sementara di kawasan Asia Timur terjadi bulan Mei sampai Agustus. Siklus muson inilah yang menyebabkan adanya musim penghujan dan musim kemarau. Demikian ilmu yang ane dapat dari pelajaran kelas 4 SD. Kebetulan Ibu ane yang wali kelas dan ngajar ane waktu itu, karena gak mau dibilang anak durhaka makanya ane berusaha mengingat semua yang dikatakan ibu guru, eeh.. maksudnya orang tua ane. Adapun  beberapa jenis-jenis hujan yaitu:

Yang pertama: Hujan gerimis, untuk sebagian orang yang lagi kasmaran hujan semacam ini tidak berpengaruh dan bermasalah buat mereka, justru semakin menambah suasana romantis dann... maaaf pengalaman kisah kasih ane belum pernah seperti gambar di dibawah ini :(



Yang kedua: Hujan salju. Untuk jenis hujan yang satu ini, hanya terjadi dibelahan bagian dunia tertentu saja, dan untuk di Indonesia sendiri terdapat di Pegunungan Jayawijaya, Papua



Yang ketiga: Hujan batu es. Untuk jenis hujan ini ane belum pernah melihat secara langsung, tapi dari melihat gambar dibawah ini, buat agan2 yang berjalan di bawah guyuran hujan semacam ini, ane saranin untuk memakai pelindung kepala semacam helm SNI.




Yang keempat Hujan deras. Mungkin akan lebih baik kalau agan2 berada di rumah dan membaca blog ane daripada bepergian atau melakukan suatu perjalanan. Terkecuali agan2 yang lagi kasmaran dan uda mati rasa. Untuk agan-agan yang belum pengalaman dan pengen meniru drama dibawah, ane sarankan untuk menyiapkan antangin JRG.




Semuanya tampak begitu indah. Selain hujan merupakan berkat dan anugerah dari Tuhan, hujan juga menyegarkan alam setelah sekian waktu mengalami musim kemarau. Hujan datang dengan sejuta warna, rasa, dan aroma yang khas yang tidak terasa telah membekas di memori menusia. Dari sinilah banyak termakna hujan, yang mana hujan dapat membantu daya ingat pada kenangan-kenangan di masa lampau.

Hampir semua orang pernah melakukan aktivitas di saat hujan, semua orang juga pernah berada dalam suasana, situasi dan mempunyai pengalaman emosional dengan hujan. Pengaruh hujan dalam aktifitas seseorang kerap kali dirasakan sebagai respon ketidak inginan merasakan hawa dingin maupun basah karena hujan. Bersebrangan dengan itu, dampak yang muncul secara tidak disadari adalah munculnya beberapa kenangan bersama hujan. Berikut adalah beberapa kutipan lagu yang indah dan menakjubkan tentang hujan.

 http://liriklaguindonesia.net/utopia-hujan.htm
 



Ane sendiri suka hujan, tapi ane lebih suka hujannya pada malam hari, selain agar hujan tidak menghambat aktivitas pada siang hari, hujan di malam hari membuat ane hangat dan nyaman di tempat tidur. Selain itu ane punya pengalaman tentang hujan, yang paling sering ane tunggu pas waktu hujan adalah ane bebas kentut sekeras-kerasnya tanpa ada beban dan rasa berdosa. Kalaupun kedengaran, ane dengan santai menjawab bahwa itu gemuruh guntur. pernah juga ane punya pengalaman tidak kebagian makanan dipesta teman gara-gara ane datang terlambat. Ane sedih, kecewa dan pulang berjalan ditengah hujan, dengan begitu gak ada yang bisa melihat ane menangis :D

Ane yakin agan-agan pernah memiliki cerita atau pengalaman tentang hujan. Memang selain dapat membuka kenangan lama, hujan juga membawa rasa trauma pada hal-hal yang pernah dialami seseorang. Diantaranya, bencana banjir maupun tanah longsor yang diakibatkan hujan.

Karena  itu menurut Henry Wadsworth Longfellow: Hal terbaik yang bisa dilakukan ketika hujan adalah membiarkan hujan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar